Kembangkan Jawa Barat Jadi Provinsi Digital

Bantu Akselerasikan Pengambilan Kebijakan

dengan Data & Teknologi

Inklusifkan Teknologi untuk Semua Orang

Salah satu cita-cita Gubernur Ridwan Kamil dalam pemerintahannya adalah mewujudkan Jawa Barat sebagai Provinsi Digital. Perhatian ini berasal dari tingginya kesenjangan antara rural dan urban di bidang teknologi. Kurangnya infrastruktur yang menunjang di daerah rural membuat warga desa kesulitan menikmati manfaat yang ditawarkan oleh teknologi digital.

Inilah yang kemudian melahirkan gagasan pembentukan Jabar Digital Service (JDS) atau Unit Pelaksana Teknis Daerah Pusat Layanan Digital, Data dan Informasi Geospasial — sebuah unit di bawah Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat yang dicita-citakan dapat mempersempit kesenjangan digital, membantu efisiensi dan akurasi pengambilan kebijakan berbasis data dan teknologi, serta merevolusi pemanfaatan teknologi dalam kehidupan masyarakat dan pemerintahan Jawa Barat.

 

 Visi

Mewujudkan Jabar Juara yang berbasis data dan teknologi dalam mendukung pelayanan masyarakat dan pengambilan kebijakan
yang responsif, adaptif, dan inovatif.

Misi

Data for Decision Support System

Mewujudkan pengambilan kebijakan berdasarkan data.

Government Digital Transformation

Mengakselerasi transformasi digital pemerintahan.

Improving Citizens Digital Experience

Mempermudah kehidupan masyarakat dengan teknologi digital.

 

 Nilai-nilai Utama

 

 DigiTeam

Divisi yang beranggotakan 10 orang ini berperan dalam mengelola dan mengembangkan kemampuan DigiTeam. Selain melakukan perekrutan, divisi ini juga membuat strategi efektif dalam upaya mengakomodir kebutuhan DigiTeam demi tercapainya tujuan Jabar Digital Service.

Divisi ini berperan dalam proses pembuatan & pengembangan produk-produk digital, mulai dari mengumpulkan informasi, melakukan riset, hingga analisis pasar. 26 DigiTeam yang tergabung di Divisi Analisis mampu memastikan produk yang diciptakan bisa bermanfaat bagi para pengguna.

Mengemban tugas dalam pengelolaan data dengan memanfaatkan teknologi yang mutakhir—33 DigiTeam di divisi ini bantu efektifkan cara pengambilan keputusan yang cepat, tepat, dan berbasis data. Ragam produk data yang dihasilkan juga transparan dan bisa dinikmati oleh warga Jabar.

Divisi yang beranggotakan 33 DigiTeam ini berperan dalam hadirkan produk digital yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Kini, produk inovasi buatan IT Dev bisa bantu transformasikan tata kelola pemerintahan, layanan publik, dan mudahkan pemerataan informasi di Jawa Barat.

Dengan 31 Digiteam, divisi ini jadi jembatan komunikasi antar stakeholder untuk merealisasikan proyek digitalisasi secara strategis dan merata, agar inovasi dan kemudahan produk digital buatan JDS dapat dinikmati oleh masyarakat hingga pelosok desa di Jawa Barat.

Beranggotakan 13 DigiTeam, divisi ini punya cara kreatif untuk dukung pengembangan inovasi teknologi melalui konten yang informatif, interaktif, dan kredibel. Kabarkan proyek digitalisasi dan perkembangan teknologi untuk pelayanan publik di Jawa Barat jadi lebih menarik!

Jabar Command Center
(Gedung Setda B Lt. II)
Jalan Diponegoro Nomor 22 Bandung Jawa Barat 40115

digital.service@jabarprov.go.id

Jabar Digital Service

Program

Annual Report

Design System

Komunitas

Karir JDS

Tautan

Sapawarga

Ekosistem Data Jabar

Pikobar