Teknologi inklusif dimulai dari sini!
Transformasikan layanan publik dengan teknologi memang
gak mudah, tapi gak mustahil! Gabung bareng JDS buat
wujudkan kemudahan digital, sekarang!
* seluruh rangkaian rekrutmen untuk bergabung di project JDS tidak dipungut biaya apapun.
Data Quality Analyst
- Mendefinisikan dan mengidentifikasi permasalahan kualitas data tabular dan data geospasial serta menentukan objektif analisis kualitas data;
- Melakukan pengukuran dan analisis kualitas data berdasarkan standarisasi kualitas data yang berlaku;
- Menyusun rekomendasi kualitas data tabular dan data geospasial yang harus diproduksi dan diperbaiki berdasarkan hasil analisis kualitas data;
- Melakukan pengembangan wawasan dan berbagi pengetahuan perkembangan teknik pengolahan dan analisis kualitas data serta menyusun dan mengelola paparan dan dokumen teknis terkait hasil riset dan hasil proyek analisis kualitas data yang sudah dikerjakan untuk mendukung manajemen pengetahuan;
Kualifikasi dan Kompetensi:
- Memiliki latar belakang pendidikan minimal S1/S2 dari jurusan Ilmu Komputer, Teknik Komputer, Statistika, Matematika dan disiplin ilmu lainnya yang relevan atau pengalaman kerja yang setara;
- Memiliki pengalaman analisis kualitas data minimal 2 tahun. Memiliki sertifikasi manajemen data menjadi nilai tambah;
- Memiliki kemampuan untuk melakukan penelitian baik secara kualitatif maupun kuantitatif;
- Memiliki kemampuan yang baik dalam teknologi:
– Pengolahan Data Spreadsheet (Ms. Excel atau Google Spreadsheet);
– Data Profiling Tools
– Visualization Tools (Tableau atau Google Data Studio);
– Query Language (MySQL atau PostgreSQL); - Memiliki kemampuan untuk melakukan pengukuran kualitas data yang digunakan oleh sebuah organisasi;
- Memiliki ketelitian tinggi terhadap detail dan berorientasi pada kualitas;
- Memiliki keinginan untuk belajar dan melakukan pengembangan kecakapan;
- Memiliki kemampuan interpersonal dan komunikasi yang sangat baik dalam melakukan koordinasi baik dengan internal tim maupun pemangku kepentingan lain.
Project Officer
- Melakukan konseptualisasi, penerjemahan, dan perencanaan detail eksekusi program, termasuk menyusun estimasi anggaran, timeline, dan manajemen risiko;
- Memastikan standar, proses, metode, dan output sesuai dengan sasaran yang telah disepakati, serta dieksekusi secara profesional dan tepat waktu;
- Bertindak sebagai project liaison untuk kemitraan dan deployment aplikasi, termasuk dalam penyusunan Perjanjian Kerjasama;
- Mendokumentasikan keseluruhan proses berjalan/berjalannya project, melalui Penyusunan Risalah Rapat, Pengumpulan Evidence, Laporan Kegiatan, Penyiapan Bahan Publikasi Kegiatan, termasuk laporan kegiatan implementasi;
- Bekerjasama dengan Content Officer dan Graphic Designer memilah perkembangan project yang perlu disosialisasikan kepada publik, mampun menyusun deck project yang rapih, substantial, dengan visual yang menarik;
- Melakukan koordinasi dengan lintas divisi maupun stakeholder;
- Bekerjasama dengan Legal Specialist untuk memetakan kebutuhan regulasi pendukung kegiatan impelementasi projects.
Kualifikasi dan Kompetensi:
- Latar belakang pendidikan yang disarankan minimal lulusan strata 1 (S1) dengan pengalaman setidaknya 3 tahun, lebih disukai yang memiliki latar belakang pekerjaan bidang IT, startup, project management, atau business consulting;
- Tanggap dan proaktif, mampu menganalisa dan memecahkan masalah melalui pendekatan yang praktis dan sesuai dengan aturan yang berlaku;
- Memiliki kemampuan manajemen sumber daya secara strategis, baik perihal manajemen waktu, finansial, dan sumber daya manusia;
- Memiliki pengalaman menyelenggarakan program / kegiatan pengembangan kapasitas manusia;
- Memiliki kemampuan menulis yang sangat baik, lebih disukai jika mampu mengidentifikasi dan menerjemahkan key insights dari data.
- Memiliki pengalaman berorganisasi, lebih disukai apabila pernah memiliki pengalaman sebagai ketua organisasi;
- Memiliki kemampuan untuk menjalin kepercayaan dan kredibilitas dengan ragam pemangku kepentingan, mulai dari internal tim hingga mitra eksternal, lebih disukai jika memiliki pemahaman yang baik terkait alur birokrasi kepemerintahan.
- Memiliki kemampuan berkomunikasi yang sangat baik, lebih disukai jika memilki kemampuan berbahasa asing.
Junior Software Programmer - Frontend Engineer
- Merancang spesifikasi teknis, membuat dokumentasi teknis mengenai produk digital yang dikembangkan.
- Membuat kode program serta peer code review.
- Menyediakan kebutuhan deployment atau update produk digital ke server.
Kualifikasi dan Kompetensi:
- Memiliki latar belakang pendidikan minimal SMK/D3/S1/S2 dari jurusan Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Sistem Informasi, atau bidang lain yang relevan.
- Menguasai pemrograman seperti Javascript/NodeJS, VueJS, ReactJS, atau yang relevan.
- Menguasai pemrograman menggunakan API atau GraphQL.
- Memiliki pengalaman lebih dari 1 tahun dalam bidang Website Frontend Development/Programming/Engineering, atau bidang lain yang relevan.
- Memiliki pengalaman lebih dari 1 project/produk digital pembangunan/pengembangan dengan metode agile.
- Memiliki pengalaman mengikuti lebih dari 1 pelatihan pada bidang Website Frontend Development/Programming/Engineering, atau bidang lain yang relevan.
- Memiliki sertifikasi kompetensi atau keahlian pada bidang Website Frontend Development/Programming/Engineering, atau bidang lain yang relevan menjadi nilai tambah.
Senior Software Programmer - Frontend Engineer
- Merancang spesifikasi teknis, membuat dokumentasi teknis mengenai produk digital yang dikembangkan.
- Membuat kode program serta peer code review.
- Menyediakan kebutuhan deployment atau update produk digital ke server.
- Melakukan riset dan meningkatkan kapasitas anggota tim untuk meningkatkan kualitas organisasi.
Kualifikasi dan Kompetensi:
- Memiliki latar belakang pendidikan minimal D3/S1/S2 dari jurusan Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Sistem Informasi, atau bidang lain yang relevan.
- Menguasai pemrograman seperti Javascript/NodeJS, VueJS, ReactJS, atau yang relevan.
- Menguasai pemrograman menggunakan API atau GraphQL.
- Memiliki pengalaman lebih dari 3 tahun dalam bidang Website Frontend Development/Programming/Engineering, atau bidang lain yang relevan.
- Memiliki pengalaman lebih dari 3 project/produk digital pembangunan/pengembangan dengan metode agile.
- Memiliki pengalaman mengikuti lebih dari 1 pelatihan pada bidang Website Frontend Development/Programming/Engineering, atau bidang lain yang relevan.
- Memiliki sertifikasi kompetensi atau keahlian pada bidang Website Frontend Development/Programming/Engineering, atau bidang lain yang relevan menjadi nilai tambah.
Seperti apa Digiteam mengerjakan project-project JDS?

Bekerja bersama pemimpin yang mendorong inovasi
Anak muda bisa ambil peran transformasikan tata kelola pemerintahan dengan desain, data, dan inovasi digital.

Membangun warisan untuk daerah, warisan untuk bangsa
Jabar Digital Service berupaya mendesain layanan publik berbasis digital yang bakal berguna bagi penerus bangsa.

Membawa kultur startup ke ranah Pemerintahan
Menjadi fleksibel, adaptif, dan kolaboratif bisa bantu ciptakan budaya kerja baru bagi pemerintahan di era digital.

Akselerasi keterampilan, bawa banyak perubahan
“Ngabret” buat dukung anak muda asah keterampilan dengan cepat lewat teknologi.
Dengar langsung dari mereka!
Wujud nyata digital government
Banyak belajar tentang peran teknologi dalam menghadirkan layanan publik yang efisien terhadap birokrasi.
Inspiring institution!
Mengasyikkan bisa bekerja bareng
orang-orang dengan skill keren. Sistem kerjanya juga beneran seperti di startup!
Dinamis dan inovatif
Kerja di JDS itu menantang! Gimana caranya bisa gesit dalam ciptakan inovasi buat warga, bareng tim yang solid.
Tanya – Jawab
Bagaimana mekanisme rekrutmen Digiteam? Apakah ada timeline tertentu?
Rekrutmen Digiteam akan dibuka setiap bulan untuk posisi yang sedang dibutuhkan oleh project-project Jabar Digital Service. Data pelamar yang masuk akan kami screening dan kami umumkan hanya kepada kandidat yang lolos pada setiap tanggal 30 setiap bulannya.
Apakah kami butuh menyerahkan dokumen-dokumen?
Iya. Silakan unggah syarat berupa dokumen melalui form yang telah disediakan sebagai syarat administrasi.
Apakah boleh mendaftar ke banyak posisi?
Peserta dapat mendaftar ke lebih dari satu posisi dengan syarat harus mengisi formulir baru untuk setiap posisi yang dipilih. Kami akan sangat mengapresiasi jika peserta mengerucutkan pilihan maksimal 2 posisi.
Saya sudah pernah mendaftar JDS di rekrutmen batch sebelumnya, apakah saya masih boleh mendaftar?
Tentu saja boleh, dengan catatan kamu tetap mengikuti rangkaian seleksi yang sudah ditentukan.
Apakah tahap wawancara dapat dilakukan jarak jauh?
Bisa! Untuk tahap wawancara dapat dilakukan jarak jauh melalui video call dengan waktu yang sudah disepakati.
Apakah saya akan diberi kabar bila tidak lolos?
Karena banyaknya aplikasi yang kami terima, pada tahap administrasi hanya kandidat yang lolos yang akan kami hubungi melalui email. Namun jika sudah lolos tahap wawancara, maka semua kandidat lolos dan tidak lolos akan kami hubungi melalui email.
Kapan kami diharapkan bisa mulai bergabung di project-project Jabar Digital Service?
Kami berharap kamu bisa mulai bekerja pada tiap awal bulan selanjutnya, ketika kamu sudah dinyatakan lolos. Namun kami memberikan waktu bagi kamu yang saat ini masih bekerja dan harus pindah domisili dengan rentang waktu yang didiskusikan.
Di mana saya akan berkantor?
Digiteam JDS berkantor di Jabar Command Center (Gedung Sate).
Apakah kami bisa mengerjakan project secara remote?
Idealnya tidak bisa. Namun, selama pandemi belum usai pekerjaan akan dilakukan shifting working from office (WFO) dan working from home (WFH) sesuai dengan peraturan yang berlaku. Namun peserta yang lolos sampai tahap akhir harus bersedia jika sewaktu-waktu harus datang ke kantor jika diperlukan.
Apakah project ini bersifat part time?
Tidak. Semua peserta yang lulus sampai tahap akhir akan mengerjakan project secara full time sesuai waktu yang tercantum di dalam kontrak.
Berapa lama kontrak berlaku?
Kontrak berlaku selama waktu pengerjaan project yang telah disepakati, biasanya sejak ditandatanganinya kontrak sampai tanggal 31 Desember di akhir tahun. Kontrak dapat diperbaharui sesuai dengan kebutuhan project dan mekanisme evaluasi performa bekerja.
Apakah saya bisa mendaftar jika saat ini masih berstatus sebagai mahasiswa?
Belum bisa, karena pengerjaan project harus dilakukan secara full-time.
Apakah saya bisa mendaftar jika saya belum punya ijazah, namun sudah memegang SKL?
Tidak bisa. Salah satu syarat utama administrasi adalah ijazah.
Apakah saya bisa mengundurkan diri sebelum masa kontrak berakhir?
Pemutusan kerja sama harus melalui kesepakatan dua belah pihak antara Jabar Digital Service dan anggota Digiteam.
Apakah saya dapat mengetahui honor setiap posisi?
Tidak. Estimasi honor akan disampaikan pada saat tahap wawancara.
Apakah peserta di luar Jawa Barat bisa mendaftar?
Tentu, boleh. Namun kamu diharapkan menetap di Bandung selama masa kontrak.
Berapa batas usia pelamar Digiteam?
Kamu boleh melamar dengan batas usia maksimal 40 tahun. Sebagai informasi, saat ini rata-rata usia anggota Digiteam di JDS berkisar 27 tahun.

Jabar Command Center
(Gedung Setda B Lt. II)
Jalan Diponegoro Nomor 22 Bandung Jawa Barat 40115
digital.service@jabarprov.go.id
Jabar Digital Service
Program
Annual Report
Design System
Komunitas
Karir JDS
Tautan
Artikel
Desa Digital
Sapawarga
Ekosistem Data Jabar
Ikuti Kami