Teknologi inklusif dimulai dari sini!

Transformasikan layanan publik dengan teknologi memang
gak mudah, tapi gak mustahil! Gabung bareng JDS buat
wujudkan kemudahan digital, sekarang!

* seluruh rangkaian rekrutmen untuk bergabung di project JDS tidak dipungut biaya apapun.

Business Analyst
  1. Melakukan kerja sama dengan tim pengembangan produk dan atau program dalam menyusun rekomendasi dan atau solusi bisnis produk/program;
  2. Melakukan evaluasi aktivitas bisnis & teknologi Informasi serta memberikan rekomendasi kebijakan di lingkungan provinsi Jawa Barat;
  3. Merencanakan, mengkoordinasikan, menjalankan dan mengevaluasi setiap pekerjaan yang dilakukan sesuai project/squad/tribenya;
  4. Melakukan analisis riset pasar untuk mengidentifikasi peluang bisnis dan potensi pertumbuhan Produk;
  5. Memantau dan mengevaluasi hasil dari strategi bisnis Produk dalam bentuk Business Evaluation Metrics;
  6. Membangun dan mengembangkan hubungan strategis dengan mitra potensial baik di sektor Pemerintah, dan Swasta untuk mendukung pertumbuhan bisnis dan pemasaran Produk;
  7. Merancang business model yang market fit untuk layanan – layanan monetisasi;
  8. Menyusun strategi pengembangan bisnis dan saluran pemasaran Produk.

Kualifikasi dan Kompetensi:

  • Memiliki latar belakang pendidikan minimal S1/S2 dari jurusan Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Sistem Informasi, atau bidang lain yang relevan;
  • Memiliki pengalaman bekerja 1- 2 tahun sebagai Business Analyst (professional);
  • Memiliki kemampuan untuk melakukan penelitian baik secara kualitatif maupun kuantitatif;
  • Memiliki kemampuan untuk melakukan pengukuran hasil kerja yang digunakan oleh sebuah organisasi atau biasa disebut dengan strategi manajemen;
  • Memiliki kemampuan Business Process Reengineering;
  • Memiliki kemampuan analisis dan elisitasi kebutuhan bisnis;
  • Memiliki kemampuan untuk melakukan pemodelan proses bisnis menggunakan BPMN;
  • Menguasai kerangka kerja untuk enterprise architecture menyediakan pendekatan untuk merancang, merencanakan, mengimplementasikan, dan mengatur arsitektur teknologi informasi;
  • Memahami standar praktik manajemen/tata kelola teknologi informasi;
  • Memiliki kemampuan untuk menganalisa, menyajikan, dan menginterpretasi data;
  • Memiliki kemampuan problem solving secara terstruktur;
  • Memiliki kemampuan untuk mengelola dan mengkomunikasikan solusi;
  • Memiliki Kemampuan Analisa Product Strategis meliputi Product Vision, Product Market Fit dan Growth Hacking;
  • Familiar dengan dokumen perencanaan pemerintahan seperti RPJPD, RPJMD, dsb;
  • Familiar dengan cara perhitungan indikator makro pemerintah provinsi Jawa Barat disertai turunannya
  • Memiliki Kemampuan Business Developement seperti Menganalisis data pasar berupa:
    • Market Trends
    • Market preferences
    • Competitor
    • Market Share
    • Market Analysis Report
    • Membuat strategi pengembangan bisnis dan taktik untuk penetrasi Existing Product ke New Market, New Product ke Existing Market, dan New Product ke New Market
    • Membuat Business Plan
    • Membuat strategi saluran pemasaran yang tepat berdasarkan user persona baik menggunakan ATL (Above the Line), BTL (Below the Line), dan TTL (Through the Line),
    • Membuat Marketing Plan
    • Merancang business modeling, pricing model, dan financing structure untuk pengembangan layanan – layanan monetisasi
    • Partnership Analysis Report
    • Menyusun dan menganalisis perjanjian kerjasama bisnis bersama tim legal specialist untuk penandatanganan dengan mitra
    • Menganalisa Risk Management
    • Menetapkan Business Metrics dan melakukan pemantauan serta evaluasi secara berkala untuk memastikan keberhasilan strategi bisnis.
Data Engineer
  1. Mengembangkan, memelihara, dan mengevaluasi pengelolaan data pipeline;
  2. Mengembangkan, memelihara, dan mengevaluasi pengelolaan tempat penyimpanan data meliputi Data Lake, Data Warehouse dan Data Mart untuk kebutuhan Business Intelligence, Analisis Data, Data Science dan lainnya;
  3. Mengembangkan, memelihara, dan mengevaluasi pengelolaan integrasi dan interoperabilitas data dengan penerapan keamanan data;
  4. Mengembangkan, mengelola, memelihara, dan mengevaluasi manajemen data master, data referensi, dan metadata;
  5. Melakukan pengembangan wawasan dan berbagi pengetahuan perkembangan teknik data engineering serta menyusun dan mengelola paparan dan dokumen teknis terkait hasil riset dan hasil pengembangan teknik data engineering yang sudah dikerjakan untuk mendukung manajemen pengetahuan; dan
  6. Menyusun laporan hasil pekerjaan meliputi Big Data Storage, Data Warehouse, Data Mart, dan Data Pipeline;

Kualifikasi dan Kompetensi:

  • Memiliki latar belakang pendidikan minimal S1/S2 dari jurusan Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Teknik Komputer, dan disiplin ilmu lainnya yang relevan, atau pengalaman kerja yang setara;
  • Memiliki pengalaman data engineering minimal 2 – 3 tahun;
  • Memiliki pengetahuan dan pengalaman menggunakan Data Pipeline Tools seperti Apache Airflow dan media penyimpanan Big Data seperti S3 dan HDFS;
  • Memiliki kemampuan SQL Query yang baik secara umum. Memiliki pengalaman manajemen relational database (PostgreSQL dan PostGIS) diutamakan;
  • Memiliki sertifikasi data engineering menjadi nilai tambah;
  • Memiliki kemampuan bahasa pemrograman Python yang baik. Kemampuan bahasa pemrograman lainnya menjadi nilai tambah;
  • Familiar dengan Cloud Environment seperti AWS dan/atau GCP menjadi nilai tambah;
  • Sudah terbiasa menggunakan Git dalam pengelolaan source code;
  • Memiliki pengetahuan dasar tentang DevOps dan/atau DataOps seperti deployment, docker container, dan network security;
  • Memiliki ketelitian tinggi terhadap detail dan berorientasi pada kualitas;
  • Memiliki keinginan yang tinggi untuk belajar dan melakukan pengembangan kecakapan; dan
  • Memiliki kemampuan interpersonal dan komunikasi yang sangat baik dalam melakukan koordinasi baik dengan internal tim maupun pemangku kepentingan lain.
Communication and Outreach Officer
  1. Mengelola wahana publik Jabar Command Center, termasuk pengelolaan konten, visitor headcount, SOP dan guide script;
  2. Melakukan pemantauan terhadap lalu lintas data dan operasionalisasi perangkat teknologi Command Center Provinsi Jawa Barat;
  3. Bekerjasama dengan Project Officer dan Monitoring Officer dalam mengelola project, termasuk asistensi administrasi, penyelenggaraan acara dan program;
  4. Secara sigap, membantu respon laporan warga, melalui hotline, chatbot, dan/atau media sosial dan melakukan eskalasi laporan ke pihak terkait jika diperlukan;
  5. Mengkoordinasikan pelaksanaan penyiapan bahan untuk penyusunan laporan pelaksanaan pekerjaan dan menyusun laporan pelaksanaan pekerjaan;
  6. Menyusun laporan hasil pekerjaan meliputi Dokumen Charter Kegiatan, Dokumen Work Breakdown Structure, dan Dokumen Log Aduan.

Kualifikasi dan Kompetensi:

  • Memiliki latar belakang pendidikan lulusan SMK/D3/S1/S2/Setara dari semua jurusan yang relevan;
  • Memiliki kecakapan interpersonal yang baik dan mampu berkomunikasi secara formal dan informal baik dalam bentuk tulisan dan lisan;
  • Menguasai Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris secara verbal dan tertulis, disukai kandidat yang mampu berkomunikasi dengan salah satu bahasa daerah di Jawa Barat;
  • Familiar dengan terminologi dan proses birokrasi dan administrasi yang umumnya dijalankan oleh pemerintah daerah;
  • Rajin, cekatan, disiplin, dan mempunyai atensi yang tinggi terhadap detail.
Monitoring and Evaluation Officer
  1. Memantau lalu lintas data dan operasionalisasi perangkat teknologi Command Centre Provinsi Jawa Barat;
  2. Secara sigap, membantu respon laporan warga, melalui hotline, chatbot, dan/atau media sosial dan melakukan eskalasi laporan ke pihak terkait jika diperlukan;
  3. Bekerjasama dengan Project Officer dan Business Analyst untuk memetakan kebutuhan monitoring dan evaluasi program sesuai dengan OKR yang telah disepakati;
  4. Memberikan rekomendasi kepada Project Officer terhadap hasil monitoring dan evaluasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas implementasi program;
  5. Bekerjasama dengan Project Officer untuk menyusun laporan berkala terkait progress implementasi project, termasuk di dalamnya laporan statistik dari penemuan monitoring evaluasi project;
  6. Melakukan asistensi administrasi, penyelenggaraan acara dan program;
  7. Bekerjasama dengan Project Officer untuk menjalankan kegiatan monitoring dan evaluasi dampak project;
  8. Mengupdate konten untuk user engagement dan user retention produk JDS;
  9. Melakukan User Acceptance Testing untuk beberapa aplikasi yang sedang dikembangkan JDS;
  10. Melakukan koordinasi dengan lintas divisi maupun stakeholder untuk menunjang implementasi project.

Kualifikasi dan Kompetensi:

  • Latar belakang pendidikan yang disarankan adalah lulusan strata 1 (S1), semua jurusan, lebih disukai yang memiliki latar belakang yang relevan dengan dunia teknologi atau administrasi kepemerintahan;
  • Memiliki pengalaman kerja yang relevan selama minimal 1 – 2 tahun, lebih disukai yang memiliki latar belakang pendidikan bidang startup, IT, atau birokrasi pemerintahan;
  • Mampu membaca data, memproses laporan, memiliki atensi terhadap detil informasi dalam volume yang besar;
  • Mampu melakukan filter, kurasi, dan pengelolaan konten sebuah aplikasi. Disukai apabila memiliki pengalaman mengoperasikan Sistem Manajemen Konten (CMS) dan Manajemen Hubungan Pelanggan (CRM);
  • Memiliki kecapakan interpersonal yang baik dan mampu berkomunikasi secara formal dan informal baik dalam bentuk tulisan dan lisan;
  • Menguasai Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris secara verbal dan tertulis, disukai kandidat yang mampu berkomunikasi dengan salah satu bahasa daerah di Jawa Barat;
  • Familiar dengan terminologi dan proses birokrasi dan administrasi yang umumnya dijalankan oleh pemerintah daerah;
  • Rajin, cekatan, disiplin, dan mempunyai atensi yang tinggi terhadap detail;
  • Bersedia bekerja dengan sistem shift/on call.
Product Manager
  1. Mengelola ekspektasi user, membuat roadmap sehingga dapat tergambar visi dan misi dari product/project yang dijalankan;
  2. Mengelola requirement, menentukan prioritas, menjalankan pengembangan product/project sesuai dengan software dev method, dan mengelola task sehingga tercapainya goals dari product tersebut;
  3. Mengelola tim, mendelegasikan pekerjaan ke tim, menumbuhkan ownership product, memecahkan problem dalam internal tim dan mengelola risiko;
  4. Melakukan inisiatif untuk belajar dan inovasi dalam mengimplementasikan metode/ide dalam tim, serta mendokumentasikan produk dengan baik;
  5. Memfasilitasi sesi ideation/workshop yang bertujuan untuk eksplorasi, monitoring dan evaluasi pengembangan produk di lingkup squad/divisi.

Kualifikasi dan Kompetensi:

  • Memiliki latar belakang pendidikan minimal S1/S2 dari jurusan Teknik Informatika dan disiplin ilmu lainnya yang relevan, atau pengalaman kerja yang setara;
  • Memiliki pengalaman mengelola produk minimal 3 – 4 tahun (professional);
  • Mampu menggali user requirement dan menerjemahkannya menjadi technical requirement (product backlog items);
  • Mampu memahami user need dan user experience dalam mengembangkan produk;
  • Mampu membuat dan mengurutkan product backlog items sesuai dengan prioritas yang berorientasi pada kebutuhan pengguna;
  • Mampu mengembangkan produk dan berkolaborasi dengan tim lintas fungsi sesuai dengan kaidah product development life cycle;
  • Menguasai >1 metode software product management (Scrum/KanBan /Lean);
  • Mampu melakukan perencanaan strategis pada pengembangan produk baik jangka pendek maupun jangka panjang;
  • Mampu melakukan budgeting anggaran dalam mendukung perencanaan strategis pengembangan produk.
Project Officer
  1. Melakukan konseptualisasi, penerjemahan, dan perencanaan detail eksekusi program, termasuk menyusun estimasi anggaran, timeline, dan manajemen risiko;
  2. Memastikan standar, proses, metode, dan output sesuai dengan sasaran yang telah disepakati, serta dieksekusi secara profesional dan tepat waktu;
  3. Bertindak sebagai project liaison untuk kemitraan dan deployment aplikasi, termasuk dalam penyusunan Perjanjian Kerjasama;
  4. Mendokumentasikan keseluruhan proses berjalan/berjalannya project, melalui Penyusunan Risalah Rapat, Pengumpulan Evidence, Laporan Kegiatan, Penyiapan Bahan Publikasi Kegiatan, termasuk laporan kegiatan implementasi;
  5. Bekerjasama dengan Content Officer dan Graphic Designer memilah perkembangan project yang perlu disosialisasikan kepada publik, mampun menyusun deck project yang rapih, substantial, dengan visual yang menarik;
  6. Melakukan koordinasi dengan lintas divisi maupun stakeholder;
  7. Bekerjasama dengan Legal Specialist untuk memetakan kebutuhan regulasi pendukung kegiatan impelementasi projects.

Kualifikasi dan Kompetensi:

  • Latar belakang pendidikan yang disarankan minimal lulusan strata 1 (S1) dengan pengalaman setidaknya 3 tahun, lebih disukai yang memiliki latar belakang pekerjaan bidang IT, startup, project management, atau business consulting;
  • Tanggap dan proaktif, mampu menganalisa dan memecahkan masalah melalui pendekatan yang praktis dan sesuai dengan aturan yang berlaku;
  • Memiliki kemampuan manajemen sumber daya secara strategis, baik perihal manajemen waktu, finansial, dan sumber daya manusia;
  • Memiliki pengalaman menyelenggarakan program / kegiatan pengembangan kapasitas manusia;
  • Memiliki kemampuan menulis yang sangat baik, lebih disukai jika mampu mengidentifikasi dan menerjemahkan key insights dari data;
  • Memiliki pengalaman berorganisasi, lebih disukai apabila pernah memiliki pengalaman sebagai ketua organisasi;
  • Memiliki kemampuan untuk menjalin kepercayaan dan kredibilitas dengan ragam pemangku kepentingan, mulai dari internal tim hingga mitra eksternal, lebih disukai jika memiliki pemahaman yang baik terkait alur birokrasi kepemerintahan;
  • Memiliki kemampuan berkomunikasi yang sangat baik, lebih disukai jika memilki kemampuan berbahasa asing.
UI Designer
  1. Menyusun Standar Design yang dapat menjadi acuan pengembangan product;
  2. Bekerja sama dengan tim pengembangan produk dalam menentukan user interface design;
  3. Melakukan koordinasi dengan lintas divisi maupun stakeholder;
  4. Bersama tim Riset dalam melakukan user testing untuk kebutuhan pengembangan product;
  5. Menjalankan program kerja peningkatan kapasitas individu di Sub Divisi Program Research and Design.

Kualifikasi dan Kompetensi:

  • Memiliki latar belakang pendidikan minimal S1/S2 dari jurusan Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Sistem Informasi, atau bidang lain yang relevan;
  • Memiliki pengalaman design di UI minimal 2 – 3 tahun (professional);
  • Memiliki pengetahuan dalam mendesain tampilan Web atau mendesain untuk tampilan mobile;
  • Mampu mengkombinasikan warna, tipografi dan layout yang baik dalam desain;
  • Mampu mengoperasikan software design seperti Photoshop, Illustrator, Sketch, Adobe XD dan Figma;
  • Mampu memanfaatkan penggunaan image, icon, dan aset graphic lainnya yang tersedia secara open source;
  • Mampu membuat dan mendesain Sitemaps, User Flow, Wireframes, Hi-fi, Lo-fi dan prototypes.
QA Engineer
  1. Membuat dan menjalankan automated test scripts atau test plan untuk menguji produk digital serta mendokumentasikan hasil pengujian;
  2. Mendokumentasikan dan membuat analisis hasil pengujian produk digital;
  3. Mengkoordinasikan pelaksanaan penyiapan bahan untuk penyusunan laporan pelaksanaan pekerjaan dan menyusun laporan pelaksanaan pekerjaan;
  4. Menyusun laporan hasil pekerjaan meliputi Repository Aplikasi, Source Code Aplikasi, Laporan Hasil Pengujian Aplikasi, Manual Book Aplikasi.

Kualifikasi dan Kompetensi:

  • Memiliki latar belakang pendidikan minimal D3/D4/S1/S2 dari jurusan Teknik Informatika, Ilmu
    Komputer, Sistem Informasi, atau bidang lain yang relevan;
  • Menguasai pemrograman seperti Javascript, Java atau bahasa pemrograman lain yang relevan;
  • Menguasai penggunaan alat pengujian otomatis seperti Cypress, Selenium atau alat pengujian otomatis lain yang relevan;
  • Memiliki pengalaman lebih dari 1 tahun dalam melakukan analisis dan pengujian kualitas produk digital dengan platform web dan mobile;
  • Memiliki pengalaman lebih dari 1 project/produk digital pembangunan/pengembangan dengan metode agile;
  • Memiliki pengalaman mengikuti lebih dari 1 pelatihan pada bidang Software Quality Assurance/Testing atau bidang lain yang relevan;
  • Memiliki sertifikasi kompetensi atau keahlian pada bidang Software Quality Assurance/Testing atau bidang lain yang relevan menjadi nilai tambah.

 

Seperti apa Digiteam mengerjakan project-project JDS?

Bekerja bersama pemimpin yang mendorong inovasi

Anak muda bisa ambil peran transformasikan tata kelola pemerintahan dengan desain, data, dan inovasi digital.

Membangun warisan untuk daerah, warisan untuk bangsa

Jabar Digital Service berupaya mendesain layanan publik berbasis digital yang bakal berguna bagi penerus bangsa.

Membawa kultur startup ke ranah Pemerintahan

Menjadi fleksibel, adaptif, dan kolaboratif bisa bantu ciptakan budaya kerja baru bagi pemerintahan di era digital.

Akselerasi keterampilan, bawa banyak perubahan

“Ngabret” buat dukung anak muda asah keterampilan dengan cepat lewat teknologi.

 

 

Dengar langsung dari mereka!

Wujud nyata digital government

Banyak belajar tentang peran teknologi dalam menghadirkan layanan publik yang efisien terhadap birokrasi.

Sandi Sunandar, S.Kom

Engineering Manager

Inspiring institution!

Mengasyikkan bisa bekerja bareng
orang-orang dengan skill keren. Sistem kerjanya juga beneran seperti di startup!

Gandes Goldestan, S.Si

Senior Business Intelligence Analyst

Dinamis dan inovatif

Kerja di JDS itu menantang! Gimana caranya bisa gesit dalam ciptakan inovasi buat warga, bareng tim yang solid.

Try Fathur Rachman, S.Kom

Senior Product Manager

 

 

Tanya – Jawab

Bagaimana mekanisme rekrutmen Digiteam? Apakah ada timeline tertentu?

Rekrutmen Digiteam akan dibuka setiap bulan untuk posisi yang sedang dibutuhkan oleh project-project Jabar Digital Service. Data pelamar yang masuk akan kami screening dan kami umumkan hanya kepada kandidat yang lolos pada setiap tanggal 30 setiap bulannya.

Apakah kami butuh menyerahkan dokumen-dokumen?

Iya. Silakan unggah syarat berupa dokumen melalui form yang telah disediakan sebagai syarat administrasi.

Apakah boleh mendaftar ke banyak posisi?

Peserta dapat mendaftar ke lebih dari satu posisi dengan syarat harus mengisi formulir baru untuk setiap posisi yang dipilih. Kami akan sangat mengapresiasi jika peserta mengerucutkan pilihan maksimal 2 posisi.

Saya sudah pernah mendaftar JDS di rekrutmen batch sebelumnya, apakah saya masih boleh mendaftar?

Tentu saja boleh, dengan catatan kamu tetap mengikuti rangkaian seleksi yang sudah ditentukan.

Apakah tahap wawancara dapat dilakukan jarak jauh?

Bisa! Untuk tahap wawancara dapat dilakukan jarak jauh melalui video call dengan waktu yang sudah disepakati.

Apakah saya akan diberi kabar bila tidak lolos?

Karena banyaknya aplikasi yang kami terima, pada tahap administrasi hanya kandidat yang lolos yang akan kami hubungi melalui email. Namun jika sudah lolos tahap wawancara, maka semua kandidat lolos dan tidak lolos akan kami hubungi melalui email.

 

Kapan kami diharapkan bisa mulai bergabung di project-project Jabar Digital Service?

Kami berharap kamu bisa mulai bekerja pada tiap awal bulan selanjutnya, ketika kamu sudah dinyatakan lolos. Namun kami memberikan waktu bagi kamu yang saat ini masih bekerja dan harus pindah domisili dengan rentang waktu yang didiskusikan.

Di mana saya akan berkantor?

Digiteam JDS berkantor di Jabar Command Center (Gedung Sate).

Apakah kami bisa mengerjakan project secara remote?

Idealnya tidak bisa. Namun, selama pandemi belum usai pekerjaan akan dilakukan shifting working from office (WFO) dan working from home (WFH) sesuai dengan peraturan yang berlaku. Namun peserta yang lolos sampai tahap akhir harus bersedia jika sewaktu-waktu harus datang ke kantor jika diperlukan.

Apakah project ini bersifat part time?

Tidak. Semua peserta yang lulus sampai tahap akhir akan mengerjakan project secara full time sesuai waktu yang tercantum di dalam kontrak.

Berapa lama kontrak berlaku?

Kontrak berlaku selama waktu pengerjaan project yang telah disepakati, biasanya sejak ditandatanganinya kontrak sampai tanggal 31 Desember di akhir tahun. Kontrak dapat diperbaharui sesuai dengan kebutuhan project dan mekanisme evaluasi performa bekerja.

Apakah saya bisa mendaftar jika saat ini masih berstatus sebagai mahasiswa?

Belum bisa, karena pengerjaan project harus dilakukan secara full-time.

Apakah saya bisa mendaftar jika saya belum punya ijazah, namun sudah memegang SKL?

Tidak bisa. Salah satu syarat utama administrasi adalah ijazah.

Apakah saya bisa mengundurkan diri sebelum masa kontrak berakhir?

Pemutusan kerja sama harus melalui kesepakatan dua belah pihak antara Jabar Digital Service dan anggota Digiteam.

Apakah saya dapat mengetahui honor setiap posisi?

Tidak. Estimasi honor akan disampaikan pada saat tahap wawancara.

Apakah peserta di luar Jawa Barat bisa mendaftar?

Tentu, boleh. Namun kamu diharapkan menetap di Bandung selama masa kontrak.

Berapa batas usia pelamar Digiteam?

Kamu boleh melamar dengan batas usia maksimal 40 tahun. Sebagai informasi, saat ini rata-rata usia anggota Digiteam di JDS berkisar 27 tahun.

Jabar Command Center
(Gedung Setda B Lt. II)
Jalan Diponegoro Nomor 22 Bandung Jawa Barat 40115

digital.service@jabarprov.go.id

Jabar Digital Service

Program

Annual Report

Design System

Komunitas

Rekrutmen Talent

Tautan

Artikel

Desa Digital

Sapawarga

Ekosistem Data Jabar