Ketahui bagaimana kami berupaya membuat teknologi lebih inklusif, menegakkan tata kelola yang lebih efisien, dan memberikan layanan publik yang lebih baik bagi warga Jawa Barat!

Desa Digital

Sebuah program pemberdayaan dan peningkatan taraf hidup masyarakat desa melalui literasi digital, IoT, dan ragam inovasi digital. Desa Digital bertujuan mewujudkan desa-desa di Jawa Barat yang mandiri secara digital sehingga meningkatkan standar hidup masyarakatnya.

Program ini bercita-cita agar seluruh desa di Jawa Barat dapat terjangkau akses internet sehingga masyarakat dapat lebih mudah mengakses informasi dan berkomunikasi; meningkatkan literasi digital sehingga masyarakat memiliki kemampuan penggunaan teknologi yang mumpuni, dan memanfaatkan internet untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang meliputi peningkatan aspek pengelolaan lingkungan, ekonomi, pendidikan, peluang inovasi, dan stabilitas sosial.

Sapawarga

Sapawarga adalah aplikasi komunikasi dan layanan publik terintegrasi bagi warga Jabar untuk menyalurkan aspirasi, memperoleh informasi, dan mengakses layanan pemerintah secara digital. Aplikasi ini diluncurkan secara resmi oleh Gubernur Ridwan Kamil pada 6 Desember 2019 di gelaran “Jabar Digital and Innovation Awards”.

Versi awal Sapawarga tersedia bagi Ketua RW di seluruh wilayah Jawa Barat untuk saling terhubung dengan sesama dan menyambungkan rantai komunikasi antara Pemdaprov Jabar langsung ke masyarakat.  

Di masa pandemi COVID-19, Sapawarga juga menjadi alat partisipasi publik dengan menyediakan fitur Verifikasi dan Validasi Data Penerima Bansos. Ketua RW dapat membantu percepatan verifikasi data warga sehingga program bansos dapat berjalan dengan lebih cepat dan tepat sasaran.

Data

Di Jawa Barat, portal Satu Data dan Open Data Jawa Barat menjadi terobosan untuk mewujudkan pemerintahan yang lebih akuntabel dan transparan karena ketersediaan data yang terbuka dan pengambilan keputusan yang berbasis data.

Satu Data
Satu Data Jawa Barat adalah portal pengelolaan, penyimpanan, pencarian, dan penerjemahan data dan metadata terintegrasi bagi lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Satu Data Jawa Barat dikembangkan untuk mendukung pengambilan keputusan dan perumusan kebijakan yang lebih tepat karena berbasis data.

Open Data
Jabar Open Data adalah portal online yang berfungsi sebagai platform publikasi data Jawa Barat untuk mendukung tata kelola yang lebih transparan dan meningkatkan partisipasi publik dalam pengembangan provinsi. Portal ini dikembangkan untuk memfasilitasi publik dalam mengakses data dari lembaga pemerintah untuk memastikan keterbukaan, transparansi pemerintah, dan partisipasi publik.

PIKOBAR

Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Jabar (Pikobar) dibuat sebagai media komunikasi dan informasi penanganan Covid-19 di Jawa Barat. 

Pikobar dapat diakses melalui website maupun aplikasi yang bisa diunduh di Appstore dan Playstore. Inovasi ini menghadirkan ragam data dan visualisasi bagi warga untuk bisa mengetahui berbagai perkembangan kasus Covid-19, mengakses nomor darurat, mengklarifikasi berita hoax, dan sebagainya.

Pikobar dikembangkan dengan semangat kolaborasi antara Jabar Digital Service dengan berbagai komunitas dan relawan. Pikobar kini telah dikembangkan hingga versi 2.2.3 dan dilengkapi dengan berbagai fitur pendukung penanganan Covid-19. Hingga Desember 2020, Pikobar telah diunduh oleh lebih dari satu juta pengguna Android dan iOS.

Kunjungi Pikobar di sini.

Jabar Command Center

Jabar Command Center merupakan pusat visualisasi dan integrasi data Jawa Barat yang dilengkapi dengan berbagai infrastruktur untuk kegiatan monitoring, koordinasi & pengambilan keputusan. Jabar Command Center bertempat di kawasan Gedung Sate, Kota Bandung.

Jabar Command Center turut menjadi tempat koordinasi penanggulangan kebencanaan. Saat ini, Jabar Command Center berperan sebagai basecamp berbagai stakeholders untuk koordinasi dan berbagi informasi seputar penanganan COVID-19 di Jawa Barat.

Kedepannya, Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat berencana akan membangun pusat kontrol (command center) di tiap kabupaten/kota lainnya, sebagai pusat koordinasi dan wadah pengolahan big data terkait berbagai informasi di Jawa Barat.

Mitra

Dalam mengeksekusi program yang menerapkan teknologi untuk meningkatkan tata kelola dan layanan publik, kami bekerja sama dengan mitra-mitra yang berdedikasi untuk pembangunan daerah, seperti:

Jabar Command Center
(Gedung Setda B Lt. II)
Jalan Diponegoro Nomor 22 Bandung Jawa Barat 40115

digital.service@jabarprov.go.id

Jabar Digital Service

Tentang Kami

Program

Annual Report

Karir JDS

Tautan

Sapawarga

Ekosistem Data Jabar

Pikobar