Ketahui bagaimana kami berupaya membuat teknologi lebih inklusif, menegakkan tata kelola yang lebih efisien, dan memberikan layanan publik yang lebih baik bagi warga Jawa Barat!

Desa Digital

Program Desa Digital hadir sebagai upaya mempersempit kesenjangan digital di Jawa Barat.

Tahapan pengembangan Desa Digital dimulai dari menghadirkan infrastruktur digital di desa-desa, menjalankan pelatihan literasi digital untuk meminimalisasi dampak negatif dari digitalisasi, membangkitkan daya saing pelaku usaha melalui program pelatihan terkait digital marketplace, hingga optimalisasi pemanfaatan internet dengan menerapkan teknologi Internet of Things (IoT) serta e-commerce untuk tingkatkan produktivitas masyarakat.

Sapawarga

Dalam rangka memberikan kemudahan pelayanan publik juga kemerataan informasi di Jawa Barat, sejak 2019, Pemdaprov Jabar telah meluncurkan aplikasi Sapawarga yang dapat digunakan sebagai portal layanan secara digital. Aplikasi ini hadir sebagai wadah komunikasi antar warga dengan pemerintah. Sapawarga telah digunakan oleh lebih dari 38.000 ketua RW untuk mengakses ragam layanan publik perihal administrasi dan kependudukan, mendapatkan informasi penting & aktual, serta menyampaikan aspirasi untuk tingkatkan pembangunan di Jawa Barat.

Ekosistem Data Jabar

Portal terintegrasi untuk pengelolaan, keterbukaan, dan kemudahan akses data yang berkualitas dan mutakhir bagi warga dan pemerintah Jawa Barat. Di sini, warga dan pemerintah Jawa Barat juga bisa berkolaborasi dalam program layanan data yang berkelanjutan.

Ekosistem Data Jabar terdiri dari 3 portal dan aplikasi utama, meliputi: Satu Data Jabar, Open Data Jabar, dan Satu Peta Jabar.

Satu Data Jabar

Portal kelola data bagi Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemdaprov Jawa Barat. Perangkat daerah bisa saling bagi pakai data yang akurat, terstandar, mutakhir, dan tanpa birokrasi untuk mendukung percepatan pengambilan keputusan dan perumusan kebijakan yang lebih terukur.

Open Data Jabar

Portal transparansi data dan informasi publik bagi warga Jawa Barat. Warga Jawa Barat bisa mengakses dan mendapatkan koleksi dataset terbuka dari Organisasi Perangkat Daerah di Jawa Barat. Dilengkapi dengan sajian visualisasi dan infografis data yang mudah dipahami.

Satu Peta Jabar

Portal publikasi data geospasial Pemdaprov Jawa Barat yang bisa diakses dengan mudah oleh warga Jawa Barat. Memuat juga akses bagi perangkat daerah untuk kelola dan bagi pakai data geospasial untuk mendukung pengambilan keputusan dan kebijakan yang lebih terukur.

Pikobar

Pusat Informasi & Koordinasi Covid-19 Jawa Barat (Pikobar) dibuat berselang dua hari setelah penetapan situasi darurat Covid-19 di Jawa Barat. Gubernur Ridwan Kamil meresmikan Pikobar sebagai portal dan aplikasi terpercaya yang dapat diakses 24/7—untuk dapatkan ragam informasi, perkembangan kasus, dan layanan kesehatan digital pendukung kedaruratan pandemi. Pikobar telah dimanfaatkan lebih dari 6 juta pengguna dan meraih rekognisi dari dalam dan luar negeri. Pikobar terus disempurnakan sebagai digital tools dalam merespon kebencanaan dan kedaruratan di Jawa Barat.

Command Center

Jabar Command Center merupakan pusat visualisasi & integrasi data Jawa Barat untuk dukung kegiatan monitoring, koordinasi, dan pengambilan keputusan. Bertempat di kawasan Gedung Sate, kini, Jabar Command Center berperan sebagai basecamp digitalisasi penanganan Covid-19 di Jawa Barat. Pembangunan pusat kontrol (command center) serupa di berbagai kabupaten/kota Jawa Barat turut diagendakan untuk dukung koordinasi dan pengelolaan data yang komprehensif oleh Pemerintahan Daerah Provinsi Jawa Barat.

Mitra

Bekerja sama dengan para mitra dalam rangka meningkatkan tata kelola dan layanan publik Jawa Barat melalui teknologi.

Jabar Command Center
(Gedung Setda B Lt. II)
Jalan Diponegoro Nomor 22 Bandung Jawa Barat 40115

digital.service@jabarprov.go.id

Jabar Digital Service

Tentang Kami

Program

Annual Report

Design System

Karir JDS

Tautan

Sapawarga

Ekosistem Data Jabar

Pikobar