Provinsi Jawa Barat, dengan populasi sebesar 49,9 juta jiwa yang tersebar di wilayah urban dan rural, menghadapi tantangan dalam mengakses layanan publik dan informasi terkini. Keberadaan berbagai aplikasi layanan publik yang tidak terintegrasi mengakibatkan keterbatasan dan ketidakefisienan dalam penggunaan layanan tersebut. 

Sapawarga Jabar Super App kemudian hadir sebagai solusi inovatif yang mengintegrasikan layanan-layanan publik ke dalam satu platform yang dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat Jawa Barat.

Pada awal inisiasi di tahun 2019, aplikasi ini dikembangkan untuk memberikan informasi, komunikasi, dan aspirasi antara ketua RW sebagai pengguna awal. Hal itu difokuskan karena ketua RW bisa menjadi simpul utama dalam penyebaran informasi terkait program pemerintah. Hingga pada akhir tahun 2022, Sapawarga kemudian dirilis secara publik sehingga dapat diakses oleh seluruh masyarakat. 

Satu aplikasi, beragam transaksi

Sapawarga Jabar Super App dirancang oleh Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat untuk menjadi platform andalan yang menyediakan berbagai kebutuhan esensial hingga rekreasional. Aplikasi ini berhasil mengintegrasikan berbagai layanan publik Jawa Barat mulai dari informasi hingga transaksional.  

Beberapa fitur yang telah tersedia di dalamnya adalah pembayaran pajak kendaraan, lowongan pekerjaan, perizinan usaha, pembelian tiket ruang publik, pendidikan, kesehatan, kegiatan RW, dan berita terkini terkait Jawa Barat. Fitur di dalam aplikasi akan terus bertambah seiring waktu demi memenuhi kebutuhan masyarakat.

Bantu warga dengan proses yang lebih efisien

Dampak positif yang dihasilkan oleh implementasi Sapawarga Jabar Super App sangat signifikan. Data menunjukkan bahwa sebanyak 1.905.688 keluarga telah menerima manfaat bansos bagi masyarakat terdampak covid selama tahun 2020, setelah ketua RW berhasil melakukan verifikasi data dengan lebih efisien melalui aplikasi ini. 

Pendistribusian Minyak Goreng Bersubsidi Melalui Program Pemirsa Budiman 
(Dokumentasi: Jabar Digital Service)

Selain itu, pada saat terjadi kelangkaan minyak goreng di tahun 2022, salah satu program Pemirsa Budiman (Pemesanan Minyak Goreng Curah Bersubsidi via Sapawarga untuk Ibu-Ibu di mana-mana) telah memberikan manfaat bagi 118.135 keluarga. Masyarakat melalui ketua RW melakukan pemesanan minyak goreng bersubsidi secara online dan langsung dikirim ke rumah masing-masing warga dalam rangka mengurangi kerumunan terutama dalam masa pandemi Covid-19.

Di lain sisi, Sapawarga Jabar Super App juga berhasil menyederhanakan proses transaksional di layanan publik, seperti pembayaran pajak kendaraan yang sebelumnya membutuhkan 17 langkah, tetapi melalui Sapawarga cukup dilakukan dalam 4 langkah saja.

Tingkatkan aksesibilitas layanan publik Jawa Barat

Implementasi Sapawarga Jabar Super App memberikan dampak positif dalam meningkatkan aksesibilitas layanan publik di Jawa Barat. Setidaknya terdapat 260.337 masyarakat yang telah mengakses Sapawarga dengan pengguna aktif perbulan tertinggi sebanyak 100.115.

Tampilan Sapawarga Jabar Super App
(Dokumentasi: Jabar Digital Service)

Penggunaan aplikasi ini telah mengurangi waktu yang diperlukan untuk mengakses layanan publik. Kini setiap masyarakat dapat dengan leluasa mengakses layanan publik secara online di mana saja dan kapan saja. Selain itu, pengguna juga mengapresiasi antarmuka yang sederhana dan user-friendly yang membuat mereka merasa nyaman dalam menggunakan aplikasi ini.aspek yang perlu diperbaiki. 

Namun, upaya terus menerus diperlukan untuk mengatasi tantangan dan mengintegrasikan seluruh layanan publik ke dalam aplikasi ini. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan wawasan dan rekomendasi bagi pengembangan layanan publik digital di wilayah lain untuk mencapai efisiensi, kenyamanan, dan kemudahan akses bagi masyarakat.

Penulis

Ir. H. Juwanda 

– Dewan Eksekutif Tim Akselerasi Pembangunan Provinsi Jawa Barat

– Staf Khusus Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil,  Bidang Transformasi Digital & Reformasi Birokrasi

Penulis Pendamping

Adji Putra Intan Pratama

– Koordinator Divisi Konten dan Komunikasi Jabar Digital Service

Nadya Sekar Ayu

– Content Writer Jabar Digital Service