Rekrutmen Ditutup

Terima kasih atas antusiasme Sobat JDS untuk mengisi posisi-posisi yang akan membantu membangun Jabar jadi lebih baik melalui teknologi! ⁣


Kami akan menghubungi kandidat yang berhasil lolos ke tahap berikutnya melalui email. Pastikan kamu selalu cek email dan ikuti terus perkembangan rekrutmen di situs kami: digitalservice.jabarprov.go.id!⁣

Semoga kamu adalah salah satu kandidat yang berhasil dan akan bergabung dengan kami untuk melangkah lebih dekat ke mimpi Jabar sebagai Provinsi Digital!

Lihat daftar nama yang lolos tahap pertama di dokumen berikut ini:

Rekrutmen Jabar Digital Service (Batch IV)

Jabar Digital Service sedang mencari talenta terbaik bangsa. Talenta untuk mewujudkan misi Provinsi Jawa Barat sebagai Provinsi Digital dengan akses merata! Kamukah orangnya?

Ada 10 posisi untuk berbagai latar belakang dan keahlian. Pelajari dimana kamu bisa berperan. Unduh informasi resminya pada tautan.

Backend Engineer

Mengembangkan API dan aplikasi web yang andal dan dapat dipertahankan.

Business Analyst

Melakukan analisa model bisnis produk dan liaison teknis.  

BI Developer

Membangun dashboard untuk visualisasi monitoring data

Data Engineer

Merancang dan melakukan assesment kualitas data.

Frontend Engineer

Mengembangkan HTML / CSS / JS dengan standar kualitas tinggi.

Mobile Developer

Mengembangkan aplikasi seluler Android / IOS yang andal dan mudah digunakan.

Monitoring Officer

Memantau aduan dan manajemen pelaporan command centre.

Product Manager

Bertanggungjawab atas tercapainya requirement dan metriks produk.

Project Officer

Mengimplementasi kemitraan dan proyek strategis.

UX Researcher

Secara sistematis merancang pengalaman pengguna.

Apa Itu Jabar Digital Service?

Jabar Digital Service (JDS), atau Pusat Layanan Digital, Data, dan Informasi Geospasial Provinsi Jawa Barat, bercita-cita mewujudkan #JabarJuara yang berbasis data dan teknologi, mendukung pelayanan masyarakat dan pengambilan kebijakan yang responsif, adaptif, dan inovatif.

Berada di bawah naungan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat, JDS mengemban misi untuk: mewujudkan pengambilan kebijakan berdasarkan data; mengakselerasi transformasi digital pemerintahan; dan mempermudah kehidupan masyarakat dengan teknologi digital.

Beberapa program strategis Gubernur Jawa Barat yang kami dukung saat ini, mencakup Sapa Warga, Desa Digital, E-samsat, Innovation Fellowship, dan masih banyak lagi inovasi lainnya.

1. Momentum bekerja dengan pemimpin yang mendorong inovasi

Banyak anak muda peduli untuk memecahkan masalah dan memajukan daerah, namun kadang kala perubahan terhalang oleh birokrasi yang kaku.

Di Jawa Barat, Gubernur Ridwan Kamil dan Kepala Dinas Kominfo, Setiaji, memiliki inisiatif yang kuat untuk berinovasi. Tidak sekadar kata, banyak program dicanangkan beliau untuk mewujudkan visi Jawa Barat sebagai Provinsi Digital. Jika kamu bergabung, kamu akan menjadi salah satu orang yang mewujudkan visi itu. Ingin membuat perubahan? Sekarang waktunya, di sini tempatnya.

2. Warisan untuk daerah, warisan untuk bangsa

Di Jabar Digital Service, kami sedang memasak berbagai inovasi berbasis digital yang bertujuan untuk memperbaiki tata kelola pemerintah dan pelayanan publik.

Apabila kamu menjadi bagian dari kami, produk yang kamu bantu kembangkan akan meninggalkan dampak jangka panjang bagi kemajuan Jawa Barat. Dan tahukah kamu, hampir seperlima penduduk Indonesia ada di Jawa Barat? Membangun pemerintahan yang lebih baik dengan teknologi – bukankah itu warisan untuk bangsa yang sangat milenial?

3. Kesempatan Kolaborasi

Bekerja di Pemda, tapi rasa Start-up?

Menjadi fleksibel, adaptif, dan kolaboratif adalah kualitas yang banyak dicari di era digital yang cepat berubah. Jabar Digital Service adalah tempat yang tepat untuk mengembangkan kualitas tersebut karena kami mengadopsi kultur dan semangat ekosistem perusahaan rintisan (start-up) yang dinamis dan responsif, namun di saat yang sama juga bekerja bersama pemerintah daerah dengan kompleksitas regulasi, tata kelola, dan proses pengambilan kebijakan yang berdampak pada jutaan orang. Kamu bisa belajar berkolaborasi di dua lingkungan kerja berbeda dalam waktu bersamaan! 

4. Akselerasi Keterampilan

Kami membayangkan Jabar Digital Service bukan hanya tempat bekerja, tetapi sebuah universitas.

Salah satu slogan kerja Gubernur Ridwan Kamil dalam pembangunan Jawa Barat adalah “Ngabret!” – yang berarti “Ngebut!” dalam bahasa Indonesia. Kami membayangkan Jabar Digital Service bukan hanya sebagai tempat kerja, tapi sebuah universitas, tempat mengembangkan keterampilan yang kamu punya dan memperoleh keterampilan baru di ruang-ruang belajar yang terbuka lebar karena kita berpacu dalam kecepatan tinggi. Saat ini, kami ‘hanya’ punya lima tahun untuk mewujudkan Jabar menjadi Provinsi Digital; apakah kamu salah satu yang berlari bersama kami mengejar perubahan itu?

Timeline

Timeline:

Frequently Asked Questions (FAQ)

Bingung ketentuan daftarnya?

Walau tim kami terbilang baru, aplikasi masuk ke Jabar Digital Service sangat kompetitif! Persentase penerimaan ke JDS saat ini ada di angka 0,19%. Siapkan aplikasi terbaik kamu, baca Frequently Asked Questions berikut.

Jika kebingungan kamu belum terjawab, silakan masukan pertanyaan di kolom berikut:

2 + 12 =

Kapan tenggat rekrutmen?

Pendaftaran akan ditutup pada 15 Agustus 2019. Lihat tanggal-tanggal penting lain di bagian timeline di atas..

Apakah saya butuh menyerahkan berkas administrasi di awal?

Untuk pendaftaran langkah pertama (pengisian formulir daring), tidak perlu. Hanya kandidat yang dinyatakan lolos ke seleksi verifikasi berkas dan validasi yang akan diminta mengumpulkan dokumen sesuai yang tercantum pada Surat Pengumuman Penerimaan Tenaga Ahli Pengelola Layanan Digital Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Bagaimana saya bisa mendaftarkan diri?

Ketuk tombol ‘Daftar Sekarang’ di laman ini, kamu akan diarahkan pada sebuah formulir daring. Isi formulir ini sesuai instruksi dengan data yang sebenar-benarnya, lengkapi tesnya (jika ada), dan upload CV/Resume dan portfolio kamu saat diminta.

Posisi apa saja yang sedang dibuka dan apa persyaratannya?

Daftar posisi beserta kualifikasi yang diharapkan dapat dilihat pada Surat Pengumuman Penerimaan Tenaga Ahli Pengelola Layanan Digital Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Kamu bisa unduh daftarnya di bagian awal laman situs ini, dengan mengetuk tombol ‘Lihat Posisi Tersedia’.

Saya lulusan D3, apakah boleh mendaftar?

Silakan cek syarat masing-masing posisi yang tersedia. Kami dapat menerima lowongan untuk lulusan D3 di beberapa posisi.

Saya sebenarnya sudah lulus kuliah, tinggal menunggu ijazah. Bolehkah saya mendaftar?

Kami membutuhkan berkas kamu, termasuk ijazah dan bukti-bukti lainnya, telah siap saat proses verifikasi berkas. Jika kamu masih berstatus mahasiswa/i, kami sarankan kamu mendaftar di program magang/fellowship yang juga didukung oleh JDS.

Apakah ada batasan usia?

Usia tidak menjadi matriks filter dalam proses seleksi kami.

Apakah ini sama dengan penerimaan CPNS?

Ini bukan penerimaan CPNS Diskominfo Jabar. Untuk saat ini, staff JDS akan dikontrak sampai Bulan Desember 2019, dan dapat diperpanjang sesuai kebutuhan.

Apakah bisa bekerja part-time, freelance, dan/atau remote?

Semua posisi yang dibuka saat ini adalah posisi full-time.

Saya tidak berdomisili di atau berasal dari Jawa Barat, apakah boleh melamar?

Tentu. Posisi ini terbuka untuk WNI, terlepas dari domisili dan asal daerahnya.

Apakah boleh mendaftar ke lebih dari satu posisi?

Peserta dapat mendaftar ke lebih dari satu posisi dengan syarat harus mengisi formulir baru untuk posisi yang berbeda. Kami akan sangat mengapresiasi jika peserta mengerucutkan pilihan maksimal 2 posisi.

Bisakah saya melakukan perubahan (edit) formulir yang saya sudah kumpulkan?

Kamu tidak bisa mengedit formulir yang sudah dikirimkan. Untuk melakukan perubahan, silakan ulangi pengisian dari awal. Harap melakukan pengisian dengan cermat dan teliti untuk menghindari banyaknya duplikasi lamaran yang akan melemahkan aplikasi kamu sendiri.

Apakah tahap wawancara dapat dilakukan jarak jauh?

Untuk tahap wawancara HR & Substansi bersama JDS, wawancara bisa dilakukan jarak jauh, jika kandidat kesulitan hadir secara langsung.

Namun, untuk verikasi berkas dan validasi bersama Diskominfo Jabar kamu wajib datang ke kantor Diskominfo. Info selengkapnya akan dikirimkan ke kandidat yang berhasil maju ke tahap selanjutnya.

Kapan hasil seleksi akan diumumkan?

Keputusan akhir akan disampaikan kepada kandidat yang lolos melalui surel di tanggal 30 Agustus 2019.

Apakah saya akan diberi kabar bila tidak lolos?

Karena banyaknya aplikasi yang kami terima, hanya kandidat yang lolos yang akan kami beri kabar secara simultan. Namun, bagi kamu yang belum lolos, kami akan menyimpan resume dan portofolio-mu. Bila sewaktu-waktu ada posisi yang terbuka dan cocok untuk kamu, kami akan segera hubungi!

Saya sudah pernah mendaftar JDS di rekrutmen batch sebelumnya, apakah saya masih boleh mendaftar?

Tentu saja boleh!

Di mana kami akan berkantor?

Saat ini Tim JDS berkantor di Gedung Pusdalisbang Jawa Barat, Jalan Sangkuriang No. 2, Dago, Bandung. Ke depannya, tim ini akan kembali bekerja di Command Centre Jawa Barat, Gedung Sate, Bandung.

Setelah dinyatakan lulus sampai tahap terakhir, kapan saya diharapkan bisa mulai bekerja?

Kami berharap kamu bisa mulai secepatnya. Namun kami memberikan kelonggaran bagi kamu yang saat ini masih bekerja dan harus pindah domisili dengan rentang waktu yang bisa didiskusikan.

Kamu aktif di media sosial?

Kami juga. Ikuti update dari kami di kanal berikut.